Survei LSI, Masih Banyak Warga yang Menilai Penegakan Hukum RI Telah Baik

Politik
1
Nabilah Muhamad 31/08/2023 16:24 WIB
Persepsi Responden Terhadap Kondisi Penegakan Hukum Indonesia (3-9 Agustus 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), mayoritas atau sebanyak 40,3% responden menilai bahwa penegakan hukum nasional saat ini dalam kondisi yang baik.

Rinciannya, terdapat 3,1% responden yang menilai sangat baik dan 37,2% responden menilai baik. 

Kemudian ada 35% responden yang menilai kondisi penegakan hukum di Tanah Air saat ini sedang-sedang saja.

Pada sisi lain, terdapat 21,8% responden yang menilai penegakan hukum dalam keadaan buruk. Rinciannya yakni 19,9% responden menilai buruk dan 1,8% menilai sangat buruk. 

Jika dilihat berdasarkan lembaganya, Kejaksaan Agung RI (Kejagung) menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya publik saat ini, yaitu sebesar 74%.

"Yang dipercaya kalau spesifik soal penegakan hukum, yang paling dipercaya adalah Kejaksaan Agung," kata Direktur Eksekutif Djayadi Hanan melalui paparannya dalam konferensi virtual, Rabu (30/8/2023).

Lalu posisinya disusul oleh pengadilan dengan tingkat kepercayaan publik sebesar 73%. Adapun penegak hukum lainnya seperti Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) dan Kepolisian RI (Polri) yang masing-masing mendapatkan proporsi sebesar 68% dan 66%. 

Survei yang dilakukan LSI ini melibatkan 1.220 responden yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Sampel diambil menggunakan metode multistage random sampling.

Koleksi data dilakukan pada 3-9 Agustus 2023 menggunakan metode wawancara tatap muka dengan pewawancara profesional. Survei ini memiliki margin of error sekira 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: Survei Litbang Kompas: 48% Masyarakat Tidak Puas dengan Kinerja Kejaksaan)

Data Populer
Lihat Semua