Katadata Insight Center (KIC) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan survei tentang literasi digital Indonesia pada 2021. Hasilnya, indeks literasi digital Indonesia berada di level 3,49 pada 2021. Angka tersebut menempatkan indeks literasi digital Indonesia masih berada dalam kategori sedang dengan skala skor indeks 0-5.
Terdapat empat pilar yang menjadi komponen dalam penghitugan indeks literasi digital tersebut. Digital Culture memperoleh skor tertinggi, yakni sebesar 3,9. Diikuti Digital Ethics dengan skor 3,55, kemudian Digital Skills dengan skor 3,44, dan terendah, Digital Safety dengan skor 3,1.
Survei Indeks Literasi Digital Indonesia tersebut dilaksanakan pada 4-24 Oktober 2021. Metodologi pengambilan sampel survei menggunakan multistage random sampling dengan teknik home visit di area survei.
Survei tersebut melibatkan 10 ribu responden yang tersebar di 34 provinsi, di 514 kabupaten/kota. Responden merupakan anggota rumah tangga berusia 13-70 tahun dan mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.
Berdasarkan jenis kelamin, sebanyak 56,6% responden berjenis kelamin perempuan dan 43,4% adalah laki-laki. Sementara menurut pengelompokan generasi, sebanyak 43,8% responden merupakan Generasi Y/Milenial (23-38 tahun), ada 28,6% responden adalah kelompok Generasi Z (13-22 tahun), terdapata 23,9% responden dari Generasi X (39-54 tahun), serta 3,6% responden merupakan kelompok Baby Boomer (55-70 tahun).
(Baca: Masyarakat Paling Banyak Mengakses Informasi dari Media Sosial)