Sinyal Kongsi GOTO dengan TikTok Menguat, Beri Sentimen Positif ke Sahamnya?

Pasar
1
Erlina F. Santika 08/12/2023 16:03 WIB
Pergerakan Saham GOTO (September-Desember 2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

TikTok disebut bakal mengumumkan kesepakatan kerja sama dengan GoTo Gojek Tokopedia atau GOTO dalam pekan ini atau pekan depan.

Sumber DealStreetAsia yang dikutip Katadata menyebut, pembicaraan soal kerja sama dan investasi antara induk TikTok, ByteDance, dengan Tokopedia sudah masuk tahap akhir.

"Kesepakatan mungkin akan diumumkan paling cepat pada minggu ini atau minggu depan," kata sumber tersebut yang diwartakan pada Rabu (6/12/2023).

Selain itu, beberapa sumber DealStreetAsia menyampaikan, ada kemungkinan TikTok akan mengambil saham kecil di Tokopedia. Nantinya, secara bertahap meningkat menjadi saham mayoritas.

"Awalnya, ByteDance menginginkan 10% saham di Tokopedia. Namun GoTo telah mendorong mereka (ByteDance) untuk mengambil alih 50% dan membiarkan mereka menjalankan bagian bisnis e-commerce itu,” kata seorang sumber yang mengetahui perkembangan tersebut.

Pembicaraan antara ByteDance dan GoTo Gojek Tokopedia telah berlangsung sejak pemerintah Indonesia melarang fitur media sosial dan e-commerce dalam satu aplikasi pada September 2023. Selain GOTO, TikTok juga dikabarkan berdiskusi dengan perusahaan e-commerce lain, seperti Bukalapak dan Blibli.

(Baca juga: TikTok Penyumbang Pendapatan ByteDance Terbesar Oktober 2023)

Lantas, apakah sinyal kongsi tersebut memberi sentimen positif pada pergerakan saham GOTO?

Berdasarkan data Yahoo Finance, saham GOTO sempat naik dua hari berturut-turut.

Rinciannya, pada perdagangan Kamis (6/12/2023) tercatat sebesar Rp92 per saham. Sehari kemudian, naik menjadi Rp95 per saham.

Lalu pada perdagangan Jumat (8/12/2023) pukul 15.29 WIB, sempat melesat hingga Rp109 per saham.

Capaian pada perdagangan Jumat ini menjadi tertinggi kedua selama September hingga Desember 2023. Pada perdagangan Jumat lalu (1/12/2023) angkanya juga sempat berakhir di level Rp109 per saham.

Sementara dalam empat bulan terakhir ini, saham GOTO terendah pernah mencapai Rp56 per lembar saham pada perdagangan akhir 27 Oktober 2023.

Berdasarkan data RTI Business pada Jumat (8/12/2023) pukul 15.59 WIB, volume saham GOTO yang beredar mencapai 12,47 miliar dengan frekuensi lebih dari 68 ribu kali. Nilainya mencapai Rp1,29 triliun. Adapun kapitalisasi pasarnya menyentuh Rp129,75 triliun.

(Baca juga: TikTok Mau Gandeng Tokopedia? Ini Persaingannya dengan E-Commerce Lain)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.