Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Pranowo Terkuat Sebagai Capres, Ungguli Anies dan Prabowo

Politik
1
Viva Budy Kusnandar 30/11/2022 13:10 WIB
Elektabilitas Calon Presiden 2024 dalam Simulasi 10 Nama Menurut Charta Politika Indonesia (Nov 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ganjar Pranowo menjadi calon presiden (Capres) terkuat untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024, berdasarkan hasil survei Charta Politika Indonesia yang dirilis pada Selasa (29/11/2022).

Dalam survei yang bertajuk “Persepsi Publik Kinerja Pemerintah dan Peta Elektoral Terkini”, responden diberikan pertanyaan sebagai berikut, jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden di antara 10 nama yang ada dalam daftar?

Hasilnya, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meraih elektabilitas tertinggi, yakni sebesar 32,6% dari total responden. Raihan tersebut jauh di atas pesaing terdekatnya, yakni bakal calon presiden dari Partai Nasional Demokrat Anies Baswedan yang meraih 23,1% suara responden dan berada di urutan kedua.

Sedangkan nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meraih dukungan 22% suara responden berada di urutan ketiga teratas. Adapun nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meraih elektabilitas 5,6% dan berada di urutan ke-4 terbesar.

Nama-nama tokoh lainnya seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sandiaga Uno, Khofifah Indar Parawansa, Puan Maharani, Airlangga Hartarto, serta Erick Thohir meraih elektabilitas di bawah 4%. Sedangkan responden yang tidak menjawab (TJ)/tidak tahu (TT) mencapai 5%.

Survei Charta Polika Indonesia melibatkan 1.220 responden yang tersebar di 34 provinsi dan berlangsung pada 4-12 November 2022. Pengumpulan sampel responden menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error sampel sebesar 2,83% dan quality control sampel sebesar 20% dari total sampel.

(Baca: SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Kembali Ungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua