Survei Litbang Kompas: Pencapresan Anies Baswedan Bakal Untungkan NasDem di Pilpres 2024

Media
1
Annissa Mutia 11/10/2022 11:40 WIB
Survei Keyakinan Responden terhadap Potensi Suara Nasdem di Pemilu 2024 Setelah Umumkan Capres (Per 10 Oktober 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pendeklarasian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) oleh Partai Nasdem diperkirakan bakal memberikan efek elektoral tersendiri terhadap partai itu. Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan Litbang Kompas pada 4-6 Oktober 2022.

Survei Litbang Kompas menanyakan kepada responden tentang peluang Partai NasDem mendapatkan perubahan suara setelah mencalonkan Anies Baswedan sebagai capres. Mayoritas atau 49,5 persen responden dalam survei ini menyatakan yakin suara NasDem akan naik.

Adapun 18,9 persen responden meyakini suara Nasdem bisa turun usai deklarasi Anies. Sementara itu, 23,6 persen tidak yakin suara Nasdem akan naik atau deklarasi Anies tidak berdampak apa-apa.

Survei Litbang Kompas dilakukan pada periode 4-6 Oktober 2022 dengan melibatkan 508 responden dari 34 provinsi. Metode pengumpulan data survei melalui telepon. Sampel ditentukan secara acak dari responden panel Litbang Kompas sesuai proporsi jumlah penduduk di tiap provinsi.

Tingkat kepercayaan survei yaitu 95 persen, dengan margin of error lebih kurang 4,35 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

(baca: Usung Anies Jadi Capres, Nasdem Belum Penuhi Presidential Threshold)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.