Produk fesyen dan aksesorisnya masih menjadi primadona di e-commerce. Sebab berdasarkan hasil survei Katadata Insight Center (KIC) dan Kredivo, jumlah transaksi produk tersebut mencapai 22% dari total belanja di e-commerce sepanjang 2020.
Proporsi tersebut menjadi yang tertinggi dibandingkan produk lain yang dijual di e-commerce. Meski demikian, proporsi transaksi produk fesyen dan aksesorisnya mengalami penurunan dibandingkan pada 2019 yang sebesar 30%.
Produk kesehatan dan kecantikan berada di posisi selanjutnya dengan proporsi transaksi di e-commerce sebesar 14%. Angka tersebut sama dengan proporsi transaksi untuk produk pulsa dan voucher.
Kemudian, pembelian peralatan rumah tangga sebesar 11% dari total transaksi di e-commerce. Sebanyak 8% dari total transaksi di e-commerce merupakan pembelian gawai dan aksesorisnya.
Produk berikutnya adalah olahraga, mainan, dan hobi serta makanan yang proporsinya sama-sama sebesar 7%. Sementara itu, produk lainnya hanya memiliki persentase sekitar 1-5%.
(Baca: Mayoritas Anak Muda Bakal Tetap Gunakan E-Commerce dalam 6 Bulan Mendatang)
Riset ini dilakukan dengan mengolah data pengguna Kredivo yang melakukan transaksi di e-commerce. Data yang digunakan berasal dari satu juta pengguna yang berbelanja di enam marketplace terbesar pada periode 2020.