Digital 2022 Global Overview Report melaporkan, jumlah konsumen e-commerce di seluruh dunia terus bertambah hingga totalnya mencapai 3,78 miliar orang pada Januari 2022.
Laporan tersebut juga mencatat banyak konsumen melakukan transaksi e-commerce karena tertarik pada promosi-promosi yang ditawarkan toko online.
Menurut hasil survei terhadap responden berusia 16-64 tahun yang tersebar secara global, promosi jualan online yang paling banyak diminati konsumen adalah program Gratis Ongkos Kirim atau Free Delivery. Sebanyak 51,1% responden menyatakan Free Delivery sangat menentukan keputusan mereka dalam melakukan belanja online.
Setelah itu, sebanyak 39,2% responden melakukan belanja online karena tertarik program Kupon dan Diskon. Ada pula 33,5% belanja online karena dipengaruhi ulasan dari konsumen lain.
Kemudian, ada 32,1% responden mengatakan belanja online karena ada kebijakan pengembalian barang yang mudah (Easy Returns Policy). Terakhir, sebanyak 29,5% belanja online karena proses pembelian melalui aplikasi yang cepat dan mudah (Quick and Easy Online Checkout).
Digital 2022 Global Overview Report juga mencatat ada beberapa aktivitas promosi yang nampaknya kurang diminati atau kurang efektif mendorong konsumen melakukan pembelian online. Beberapa contohnya adalah jumlah Like dan Comment di media sosial, promosi produk dengan citra Eco-Friendly, serta penawaran sistem Cash on Delivery (COD).
(Baca: Tertinggi di Asia Tenggara, Nilai Transaksi GrabFood Lampaui GoFood dan ShopeeFood pada 2021)