Selain belanja kebutuhan pokok, mayoritas generasi milenial Indonesia paling berminat belanja kebutuhan rumah tangga.
Hal ini terlihat dari hasil Survei Urban Banking 2024 yang dirilis Mandiri Institute.
(Baca: Jenis Produk Lokal yang Diminati Konsumen Live Shopping)
Pada Oktober 2024 Mandiri Institute menyurvei 1.500 anak muda di perkotaan Indonesia mengenai perilaku keuangan dan konsumsi mereka.
Mandiri Institute kemudian menghitung net spending intention, yakni proporsi responden yang berencana meningkatkan belanja, dikurangi proporsi responden yang ingin mengurangi belanja produk tertentu.
Di kalangan responden milenial muda, net spending intention atau minat belanja tertinggi ditujukan untuk kebutuhan pokok (59%) dan kebutuhan rumah tangga (40%).
Setelahnya ada produk fashion (33%); kosmetik, obat, dan vitamin (26%); elektronik (20%); olahraga dan hobi (15%); serta travel atau pariwisata (8%).
"Tren belanja lifestyle tidak hanya terjadi saat ini, karena intensi untuk mengonsumsi barang atau jasa di kategori ini masih akan terus meningkat ke depan. Hal ini ditunjukkan oleh net spending intention dari masing-masing kategori yang bernilai positif dan relatif tinggi," kata Mandiri Institute dalam laporan Policy Brief 5 edisi Desember 2024.
(Baca: Hal yang Menarik Minat Konsumen untuk Belanja Online)