Perusahaan riset pasar Compas merilis daftar 10 merek produk kewanitaan yang paling banyak diburu di e-commerce dalam negeri periode kuartal III 2024.
Riset ini dilakukan menggunakan metode online crawling atau penelusuran digital. Compas mengumpulkan data penjualan dari toko official maupun non-official di Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan TikTok Shop, dengan rating produk minimal bintang 4.
Hasilnya, Gendes juara dengan pangsa pasar 21,4% dari total nilai penjualan produk kewanitaan di e-commerce kuartal III 2024.
"Setelah dilakukan penelitian lebih mendalam, Compas.co.id menemukan bahwa Gendes cukup aktif berkolaborasi dengan KOL maupun influencer," kata mereka dalam unggahan Instagram resminya, Jumat (20/12/2024).
Menurut Compas, langkah tersebut berhasil meningkatkan kesadaran terhadap produk melalui engagement positif terhadap merek Gendes. Ini juga berdampak pada kenaikan nilai penjualan hingga 743%.
Lalu Secret Clean menjadi kompetitor terdekat dengan pangsa pasar 20,1%, diikuti Laurier 3,5%, Charm 3,4%, Mama's Choice, dan Softex 3,1%.
Sementara merek produk kewanitaan lainnya seperti Milk Recipe, Onemed, Avail, dan Betadine memiliki pangsa kurang dari 3% seperti terlihat pada grafik.
(Baca: 10 Situs Kecantikan dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia November 2024)