Perusahaan riset pasar Compas merilis daftar 10 merek produk nutrisi atau suplemen ibu menyusui di e-commerce dalam negeri sepanjang Oktober 2024.
Riset ini dilakukan menggunakan metode crawling atau penelusuran digital. Compas mengumpulkan data penjualan dari toko official maupun non-official di Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan TikTok Shop, dengan rating produk minimal bintang 4.
Hasilnya, Mom Uung menjadi merek terlaris dengan meraih pangsa sebesar 25,6% dari total nilai penjualan suplemen ibu menyusui periode ini.
Compas menilai, capaian ini berhasil diraih oleh Mom Uung berkat pemberian layanan konsultasi menyusui gratis kepada para konsumennya.
"Langkah ini semakin melengkapi upaya edukasi bersama dokter dan influencer, yang rutin mengingatkan pentingnya nutrisi tinggi selama masa hamil dan menyusui," tulis Compas di akun Instagram, Kamis (12/12/2024).
Lalu Blackmores jadi kompetitor terdekatnya dengan pangsa sebesar 17,9%. Posisinya diikuti Momsy dengan pangsa 9,9%, Folamil Genio 6,2%, Prenagen 5,8%, dan MamaBear 5,6%.
Sementara, merek suplemen ibu menyusui lainnya seperti Almonde, Anmum, Folamil Gold, dan Legendairy Milk meraih pangsa yang lebih kecil, seperti terlampir pada grafik.
(Baca: Mayoritas Konsumen Belanja Lewat Live Shopping saat Tanggal Kembar)