Survei JakPat menunjukkan, mayoritas atau 31% responden generasi Z (gen Z) Indonesia mengonsumsi kopi 1 sampai 2 kali dalam seminggu.
Berikutnya 19% minum kopi sehari sekali, 12% antara 2-3 kali sehari, dan 12% antara 3-4 kali seminggu.
Ada juga 4% responden gen Z yang minum kopi lebih dari 3 kali sehari. Sementara 22% responden lainnya mengaku tidak mengonsumsi kopi.
"Waktu yang paling tepat bagi 33% gen Z untuk minum kopi adalah saat hari mulai gelap, antara pukul 6 sore sampai 9 malam," tulis JakPat dalam laporan bertajuk Gen Z Characteristics and Behaviors.
Adapun berdasarkan jenis kopinya, mayoritas atau 57% gen Z lebih menyukai kopi instan dengan berbagai rasa, seperti cappuccino.
Lalu 38% gen Z mengonsumsi kopi instan murni tanpa tambahan gula, krimer, atau susu. Diikuti kopi dari kafe 35%, kopi siap minum 27%, dan kopi keliling 20%.
Survei Jakpat ini melibatkan 1.155 responden gen Z, yaitu orang yang lahir pada 1997-2012. Responden terdiri atas 50% perempuan dan 50% laki-laki.
Responden berada di Pulau Jawa non-Jabodetabek (44%), Jabodetabek (28%), dan luar Pulau Jawa (28%).
Survei dilakukan secara online melalui aplikasi Jakpat pada 6-9 Desember 2024 dengan margin error di bawah 5%.
(Baca: Merek Kopi Bubuk Favorit Konsumen Indonesia pada 2023)