Google Inc. menempati urutan teratas merek termahal global pada 2017. Berdasarkan hasil riset lembaga konsultan asal Inggris, Brand Finance, nilai merek Google pada 2017 mencapai US$ 109,47 miliar atau sekitar Rp 1.477 triliun. Jumlah tersebut naik 24 persen di banding 2016 yang senilai US$ 88,17 miliar. Perusahaan mesin pencari ini bahkan juga mendapatkan rating AAA+
Berbeda dengan Google, nilai merek Apple justru menrun 27 persen menjadi US$ 107 miliar atau Rp 1.445 triliun. Padahal dalam lima tahun terakhir Apple selalu memuncaki daftar Brand Finance Global 500. Adapun posisi ketiga ditempati oleh Amazon dan disusul oleh AT&T dan Microsoft. Sementara Facebook di peringkat kesembila setelah Samsung, Verizon, dan Walmart.
Menurut Kepala Eksekutif Brand Finance, David Haigh, Google unggul karena tetap menguasai pasar dalam industri pencari di internet sehingga mampu meraup pendapatan yang tumbuh hingga 30 persen. Sedangkan Apple merosot karena adanya penurunan permintaan di Cina yang merupakan negara basis konsumennya. Selain itu Apple juga dianggap gagal menunjukkan keunggulan dan inovasi dari teknologinya.