Ini Momen Bersama Ibu yang Paling Berkesan bagi Orang Indonesia

Demografi
1
Nabilah Muhamad 27/12/2023 13:11 WIB
Momen/Kenangan Bersama Ibu yang Paling Berkesan menurut Responden (Desember 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Presiden pertama Indonesia, yaitu Soekarno, menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Tanggal tersebut merupakan peringatan Kongres Perempuan Indonesia pertama yang digelar pada 22 Desember 1928.

Selain untuk mengapresiasi jasa besar sosok ibu, Hari Ibu juga menandai momen penting dalam riwayat pergerakan perempuan Nusantara.

Adapun menurut survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC), kini sebagian besar masyarakat Indonesia memandang sosok ibu sebagai kawan curhat.

Sebanyak 67,8% responden menyatakan, momen atau kenangan bersama ibu yang paling berkesan bagi mereka adalah curhat atau berbagi cerita.

Ada banyak juga responden yang kenangan paling berkesannya adalah belanja bersama (53,9%), dan memasak bersama (50,6%).

Momen berkesan lainnya mencakup makan bersama (43%), diantar-jemput sekolah (36,4%), meminta izin menikah (36,2%), dan lain-lain seperti terlihat pada grafik.

Survei Kurious-KIC ini melibatkan 2.235 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, 55,4% di antaranya perempuan dan 44,6% laki-laki.

Sebanyak 64,3% responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta, diikuti responden di DKI Jakarta (16,4%), dan Pulau Sumatra (13,5%).

Sementara proporsi responden dari Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, dan Maluku-Papua berkisar 0,2-3%.

Pengambilan data dilakukan pada 18-22 Desember 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,07% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: Memahami Depresi Postpartum yang Dirasakan Para Ibu Setelah Melahirkan)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.