Ganjar Pranowo Dinilai Sebagai Tokoh Paling Peduli Isu Pendidikan, Ini Surveinya

Politik
1
Nabilah Muhamad 11/09/2023 12:04 WIB
Persentase 10 Tokoh yang Dinilai Paling Memperjuangkan Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Pendidikan (Agustus 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC), Ganjar Pranowo dinilai sebagai tokoh politik yang dinilai paling peduli pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mendapat suara 39,1% dari total responden. 

Dari program kerjanya, Ganjar membebaskan biaya SPP bagi seluruh siswa SMA Negeri/sederajat di Jawa Tengah sejak 2020 lalu. Ia juga membangun 18 sekolah asrama gratis, seperti dilansir dari Detik.com.

Pemprov Jawa Tengah juga menggelontorkan anggaran Bantuan Operasional Penyelenggaran (BOP) sebesar Rp769 miliar pada 2022 untuk sekolah-sekolah.

Perolehan bakal calon presiden (bacapres) yang diusung oleh PDIP itu mengungguli bacapres lainnya seperti Anies Baswedan yang berada di urutan kedua sebesar 29,3% dan Prabowo Subianto di urutan keempat yang dipilih oleh 24,9% responden.

Sementara itu, peringkat ketiga tokoh politik yang dinilai paling peduli terhadap isu pendidikan diisi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang memperoleh 25,5% suara dari responden.

Berikutnya, ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang dipilih oleh 19,9% responden. Lalu diikuti Menteri BUMN Erick Thohir (18,8%) dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD (15,9%)

Sementara, responden yang memilih Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar memiliki proporsi yang lebih rendah seperti terlihat pada grafik.

Survei Kurious-KIC ini melibatkan 933 responden yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, dengan proporsi 51,2% responden perempuan dan 48,8% responden laki-laki.

Lebih dari separuh responden berasal dari Pulau Jawa selain Jakarta (62,1%), diikuti responden dari DKI Jakarta (15%) dan Pulau Sumatra (13,3%). Sementara, proporsi responden yang berasal dari Sulawesi, Kalimantan, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua berada di rentang 0,2-3,5%.

Sebagian besar responden berasal dari kelompok usia antara 25-34 tahun (36,3%), disusul kelompok 35-44 tahun (28,9%) dan kelompok 45-54 tahun (16,9%).

Koleksi data dilakukan pada 22-29 Agustus 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,2% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: Survei Kurious-KIC: Ganjar Pranowo Dinilai Sebagai Tokoh Paling Peduli Isu Kesehatan)

Data Populer
Lihat Semua