10 Seafood Terenak Dunia Menurut Taste Atlas, Ada Pempek dari Indonesia!

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 16/03/2023 19:46 WIB
Daftar 10 Makanan Laut/Seafood Terenak Dunia Menurut Taste Atlas (Maret 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pempek masuk ke dalam daftar 10 besar makanan laut alias seafood terenak di dunia versi situs panduan wisata dan kuliner, Taste Atlas.

Makanan asal Palembang, Sumatera Selatan itu  menempati peringkat keempat seafood  terbaik di dunia, dengan perolehan nilai sebesar 4,7 poin dari 5 poin. Pempek berhasil mengalahkan puluhan jenis olahan seafood dari negara lain, seperti sushi dari Jepang hinggga fritto misto dari Italia.

Pempek adalah makanan berbahan dasar daging ikan yang digiling dan dicampur dengan tepung tapioka. Kemudian, pempek digoreng hingga kuning kecoklatan dan diberi kuah khas bernama cuko.

Terdapat berbagai jenis pempek yang dapat disantap, dari pempek lenjer, kapal selam, keriting, pistel, adaan, hingga tahu.

Menurut Taste Atlas, asal muasal pempek adalah dari seorang warga Palembang tua yang sudah bosan dengan memakan ikan goreng atau bakar. Ia pun berinovasi dengan menggiling daging ikan, mencampurnya dengan tepung tapioka, dan menggorengnya menjadi camilan renyah.

Warga Palembang tersebut biasa berkeliling kota menggunakan sepeda miliknya untuk menjajakan makanan olahan tersebut. “Seiring waktu, pempek pun semakin dikenal dan sampai saat ini menjadi salah satu makanan tradisional Indonesia yang lezat,” demikian dikutip dari situs Taste Atlas, Kamis (16/3/2023).

Taste Atlas merupakan situs kuliner asal Kroasia yang mengulas tentang semua hidangan tradisional, bahan-bahan lokal, dan restoran autentik. Tercatat, situs ini telah membuat tinjauan terhadap lebih dari 10.000 makanan dan minuman di seluruh dunia.

Berikut adalah daftar 10 seafood terbaik di dunia menurut Taste Atlas:

  1. Ameijoas a Bulhao Pato (Portugal): 4,8 poin
  2. Gambas al ajillo (Spanyol): 4,7 poin
  3. Ceviche mixto (Peru): 4,7 poin
  4. Pempek (Indonesia): 4,7 poin
  5. Sushi Maguro Nigiri (Jepang): 4,7 poin
  6. Sushi otoronigiri (Jepang): 4,7 poin
  7. Conchitas a la parmesana (Peru): 4,7 poin
  8. Kaisendon (Jepang): 4,6 poin
  9. Linguine allo scoglio (Kampania): 4,6 poin
  10. Fritto misto (Italia): 4,6 poin

(Baca: Deretan Camilan Gorengan Terbaik Dunia, Pisang Goreng dari Indonesia Juaranya!)

Data Populer
Lihat Semua