Dampak Lingkungan Covid-19: Sampah Masker Sekali Pakai Meningkat, Butuh 450 Tahun untuk Terurai

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Monavia Ayu Rizaty 06/09/2021 12:00 WIB
Berapa Lama Sampah Bisa Terurai? (Tahun)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sampah masker sekali pakai meningkat dan menjadi permasalahan baru sejak munculnya pandemi Covid-19. Pasalnya, sampah ini masuk daftar salah satu jenis sampah paling yang sulit diurai, bahkan membutuhkan waktu hingga ratusan tahun.

Bukan hanya sampah masker sekali pakai, tetapi juga sampah popok sekali pakai, botol plastik, beterai, hingga puntung rokok masuk kategori sampah yang tidak mudah diurai. Berikut ini penjabaran lama sampah barang sampai terurai.

1. Masker sekali pakai

Masker sekali pakai membutuhkan waktu hingga 450 tahun untuk terurai. Limbah masker yang masih utuh di lingkungan karena tidak ditangani dengan baik dapat terbawa ke sungai dan laut serta menyebabkan pencemaran air.

2. Popok sekali pakai

Popok bayi sekali pakai diperkirakan akan terurai di pembuangan sampah dalam waktu 450 tahun. Kebutuhan akan popok bayi terus meningkat, mengingat bahwa bayi akan memakai popok hingga usia 2 atau 2,5 tahun.

3. Botol Plastik

Diperlukan waktu hingga 450 tahun bagi botol plastik untuk terurai. Limbah botol plastik yang sulit terurai menyebabkan penumpukan sampah serta mengakibatkan polusi di air laut.

4. Botol aluminium

Kaleng aluminiun membutuhkan waktu hingga 200 tahun untuk terurai sepenuhnya di alam. Di Amerika Serikat, 120 rubu kaleng aluminium di daur ulang setiap harinya.

5. Baterai

Baterai adalah salah satu barang paling berbahaya untuk ditinggalkan di tempat pembuangan sampah. Bagian luar baterai berupa logam tipis akan terurai dalam 100 tahun.

6. Gelas sterofoam

Sterofoam terbuat dari polystyrene, jenis plastik yang berasal dari petroleum. Gelas sterofoam membutuhkan waktu 50 tahun untuk terurai.

7. Kantong plastik

Kantong plastik belanja menjadi salah satu sampah yang mendominasi di masyarakat. Perubahan perilaku selama pandemi yang meningkatkan belanja online juga turut berkontribusi terhadap membludaknya kantong plastik. Kantong plastik membutuhkan waktu hingga 20 tahun untuk terurai.

8. Puntung rokok

Sebagian besar filter rokok, bagian yang terlihat seperti kapas putih, sebenarnya terbuat dari serat plastik. Itulah yang membuat punting rokok membutuhkan waktu 10 tahun untuk terurai.

(Baca Selengkapnya: Mayoritas Sampah Nasional dari Aktivitas Rumah Tangga pada 2020)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.