Menurut riset Compas, nilai penjualan produk kecantikan di e-commerce Indonesia mencapai Rp28 triliun selama Januari-September 2024.
"Sampai akhir kuartal III 2024, Compas melihat kategori perawatan dan kecantikan secara konsisten terus bertumbuh tiap kuartal sejak 2022," kata CEO Compas Hanindia Narendrata dalam siaran pers, Kamis (10/10/2024).
Adapun face care atau produk perawatan wajah menjadi kategori terlaris, dengan pangsa pasar 38% dari nilai total penjualan produk kecantikan di e-commerce lokal periode Januari-September 2024.
Jika dipecah lagi berdasarkan jenisnya, produk pelembap wajah memimpin dengan pangsa pasar 8,5%, diikuti serum wajah 7%.
"Bukan tanpa alasan, sebab brand-brand ternama cukup banyak mengedukasi penggunaan serum, baik melalui edukasi dokter maupun diskusi terbuka dan publikasi bersama influencer beauty," kata tim Compas.
Lalu produk perawatan wajah jenis sunscreen meraih pangsa pasar 5,4%; pembersih wajah 4,8%; masker wajah 2,6%; dan lain-lainnya 9,8%.
Compas melakukan riset ini dengan metode online crawling atau penelusuran digital. Mereka mengumpulkan data penjualan dari toko official dan non-official di Shoppe dan Tokopedia dengan rating produk minimal bintang 4.
(Baca: Nilai Transaksi E-Commerce di Indonesia 2017-2023)