Tren e-commerce di Indonesia menguat dalam beberapa tahun terakhir, terlihat dari nilai transaksinya yang bertambah.
Hal ini tercatat dalam laporan Cashing in on the Digital Boom yang dirilis Mandiri Institute (Agustus 2024).
(Baca: Jumlah Pengunjung Situs E-Commerce Indonesia Agustus 2024)
Menurut data yang dihimpun Mandiri Institute, pada 2017 nilai transaksi e-commerce di Indonesia baru sekitar Rp42 triliun.
Setelah itu nilainya berangsur-angsur naik hingga diestimasikan mencapai Rp454 triliun pada 2023.
Kendati begitu, nilai transaksi e-commerce pada 2023 sedikit melemah dibanding 2022. Penurunan ini merupakan yang pertama kalinya terjadi sejak 2017, seperti terlihat pada grafik.
Mandiri Institute juga mencatat, proporsi transaksi e-commerce terhadap belanja rumah tangga masih cenderung rendah.
Menurut laporan mereka, nilai transaksi e-commerce pada 2023 hanya setara 6,5% dari total pengeluaran rumah tangga nasional, yang nilainya mencapai Rp6.486 triliun.
(Baca: Banyak Warga RI Tak Gunakan E-Commerce, Jualan Offline Tetap Penting)