Sederet Negara Nordik Memimpin Indeks Kebebasan Pers 2021

Demografi
1
Yosepha Pusparisa 04/05/2021 10:30 WIB
Indeks Kebebasan Pers Dunia (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Reporters Without Borders (RSF) menunjukkan, sejumlah negara Nordic berada di garis terdepan sebagai wilayah dengan indeks kebebasan pers terbaik pada 2021. Norwegia mengantongi skor indeks kebebasan pers sebesar 6,72 poin, diikuti Finlandia (6,99 poin), Swedia (7,24 poin), dan Denmark (8,57 poin).

Posisi Norwegia tak bergeser selama lima tahun berturut-turut, walau sejumlah media mengeluhkan kurangnya akses terhadap informasi dari pemerintah selama pandemi virus corona Covid-19. Sementara itu, Swedia naik satu peringkat dan Denmark turun satu peringkat dibanding 2020.

Setelahnya, Costa Rica masuk dalam lima besar dengan skor sebesar 8,76 poin. Belanda, Jamaika, dan Selandia Baru menyusul dengan skor masing-masing 9,67 poin, 9,96 poin, dan 10,04 poin.

RSF menghitung indeks kebebasan pers melalui kuesioner pada para ahli yang tersebar di 180 negara. Indeks tersebut tersusun atas enam indikator yang menggambarkan performa negara dalam pluralisme, independensi media, serta keselamatan dan kebebasan para jurnalis. Skor dalam indeks berskala 0-100 di mana makin tinggi nilainya, maka tingkat kebebasan pers makin buruk.

(Baca: Sebelum Kudeta Militer, Demokrasi Myanmar Terus Memburuk)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.