Banyak Gen Z yang Tidak Puas dengan Demokrasi di Indonesia

Politik
1
Nabilah Muhamad 05/02/2024 13:10 WIB
Tingkat Kepuasan Gen Z dengan Demokrasi di Indonesia (Mei-Juli 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Mayoritas kalangan gen Z tidak puas dengan demokrasi di Indonesia. Ini termuat dalam hasil riset IDN Research Institute bersama Advisia berjudul Indonesia Gen Z Report 2024.

Riset itu menunjukkan, sebanyak 59% responden gen Z mengaku tidak puas dengan demokrasi di Tanah Air. Diikuti oleh 15% responden yang sama sekali tidak puas. 

“Ketidakpuasan ini muncul 25 tahun setelah reformasi politik Indonesia, yang membawa gelombang baru demokrasi di Indonesia,” tulis IDN Research Institute dalam laporannya. 

Sebaliknya, 24,3% responden justru menyatakan puas dengan kualitas demokrasi di Indonesia dan 1,7% responden lainnya mengaku sangat puas. 

Berkelindan dengan itu, IDN Research Institute juga mencatat pandangan anak muda terhadap sistem politik di Indonesia.

Hasilnya, 25,3% responden menilai bahwa sistem demokrasi bukan pilihan yang tepat dalam situasi tertentu. Kemudian 10,7% responden juga menilai, sistem politik sama saja dan tidak mengubah apa pun. 

Survei ini digelar pada 29 Mei-9 Juli 2023, melibatkan 300 responden gen z yang tersebar di 10 kota dan aglomerasi di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, dan Makassar.

(Baca juga: Charta Politika: Mayoritas Publik Tak Setuju Ada Dinasti Politik)

Data Populer
Lihat Semua