CPJ: 82 Jurnalis Tewas dalam Perang Israel-Hamas per Awal 2024

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 15/01/2024 12:25 WIB
Jumlah Jurnalis dan Pekerja Media yang Terbunuh dalam Serangan Israel-Hamas Berdasarkan Asal Negara (7 Oktober 2023-14 Januari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Perang Israel-Hamas telah menewaskan 82 jurnalis dan pekerja media selama periode 7 Oktober 2023-14 Januari 2024.

Menurut laporan Komite untuk Perlindungan Jurnalis (CPJ), mayoritas jurnalis dan pekerja media yang tewas merupakan warga Palestina, yaitu 75 orang, lalu ada 4 warga Israel, dan 3 warga Lebanon.

CPJ juga mencatat, terdapat 13 jurnalis yang terluka, 3 jurnalis hilang, dan 19 jurnalis ditangkap dalam konflik Israel-Hamas.

Selain itu, para jurnalis dan pekerja media yang meliput konflik tersebut juga mengalami berbagai kekerasan, ancaman, serangan siber, sensor, dan pembunuhan anggota keluarga.

CPJ kini masih menyelidiki sejumlah laporan yang belum terkonfirmasi mengenai jurnalis lain yang dibunuh, ditahan, disakiti, diancam, serta laporan kerusakan di kantor media dan rumah jurnalis.

"CPJ menekankan bahwa jurnalis adalah warga sipil yang melakukan pekerjaan penting selama masa krisis, dan tidak boleh menjadi sasaran pihak-pihak yang bertikai," kata koordinator program CPJ Timur Tengah dan Afrika Utara, Sherif Mansour, dalam keterangan resminya, Minggu (14/1/2024).

Sherif pun menyebut, jurnalis dari berbagai wilayah melakukan pengorbanan besar untuk meliput konflik tersebut.

"Jurnalis di Gaza menghadapi risiko sangat tinggi saat mencoba meliput, termasuk risiko serangan udara Israel, gangguan komunikasi, serta kekurangan pasokan dan pemadaman listrik yang meluas," kata Sherif.

"Banyak di antara mereka yang kehilangan rekan kerja, keluarga, dan fasilitas media, serta melarikan diri mencari keselamatan ketika tak ada tempat berlindung atau jalan keluar yang aman," ujarSherif.

Menurut data CPJ, dalam sepekan terakhir ada empat jurnalis Palestina yang tewas akibat serangan Israel di Gaza. Di antaranya Mohamed Jamal Sobhi Al-Thalathini (11 Januari 2024), Ahmed Bdeir (10 Januari 2024), Hamzah Al Dahdouh dan Mustafa Thuraya (7 Januari 2024).

(Baca: Israel Serang Masjid Indonesia di Gaza, Ini Daftar Fasilitas Umum yang Hancur di Palestina)

Data Populer
Lihat Semua