Israel Serang Masjid Indonesia di Gaza, Ini Daftar Fasilitas Umum yang Hancur di Palestina

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 15/12/2023 19:08 WIB
Fasilitas Umum di Palestina yang Hancur karena Serangan Israel (7 Oktober-15 Desember 2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Masjid Istiqlal Indonesia di Kota Khan Younis, Gaza, Palestina, hancur diserang pesawat tempur Israel. Kabar tersebut dilaporkan akun media sosial X (Twitter) Quds News Network.

"Kehancuran besar-besaran di masjid Indonesia akibat penembakan Israel di Khan Younis," tulis akun @QudsNen dalam unggahannya yang disertai foto masjid hancur, Senin (11/12/2023).

Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza dibangun melalui donasi yang dihimpun oleh organisasi nonprofit, Yayasan Kasih Palestina.

Masjid yang diresmikan pada 22 Februari 2022 ini dibangun sebagai simbol persaudaraan antara Indonesia dengan Palestina.

“Kami masih berusaha menjalin komunikasi dengan tim di Gaza yang saat ini terkendala jaringan. Insyaallah kami akan terus menginformasikan kondisi masjid yang dibangun atas kebaikan masyarakat Indonesia ini," demikian dilansir dari akun Instagram @kasihpalestina, Selasa (12/12/2023).

Adapun perang antara Israel dan kelompok militan Hamas Palestina sudah memasuki hari ke-70 pada 15 Desember 2023.

Sepanjang konflik tersebut, Israel telah menghancurkan ratusan fasilitas umum, termasuk rumah sakit hingga masjid Indonesia di Gaza.

Menurut data Badan Pusat Statistik Palestina (PCBS), selama periode 7 Oktober-15 Desember 2023 ada 277 bangunan sekolah Palestina yang hancur sebagian akibat serangan Israel.

Israel juga menghancurkan 126 bangunan kantor pemerintahan, membuat 75 bangunan sekolah hancur total, dan merusak 25 bangunan rumah sakit.

Masjid di Gaza yang hancur akibat serangan Israel totalnya mencapai 110 unit, sedangkan gereja 3 unit.

PCBS juga memprediksi, serangan Israel telah membuat 254 ribu unit rumah di Palestina rusak, 52 ribu unit rumah hancur total, dan sekitar 25 ribu unit bangunan lainnya hancur.

(Baca: Resolusi Gencatan Senjata Israel ke Palestina, Makin Banyak Negara yang Setuju)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua