Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia Belum Merata

Utilitas
18/12/2018 17:39 WIB
Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi Menurut Provinsi (2017)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi (IP-TIK) Indonesia masih rendah dan belum merata di seluruh wilayah. Ini tercermin dari perbedaan yang cukup besar antara provinsi yang memiliki IP-TIK tertinggi dengan yang terendah. Hanya sembilan provinsi memiliki IP-TKI di atas angka nasional.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) IP-TIK nasional 2017 berada di level 4,99 dari skala 0-10. Meskipun masih jauh dari level tertingginya, tapi IP-TIK nasional naik dari sebelumnya 4,34. Adapun DKI Jakarta tercatat sebagai provinsi dengan IP-TIK tertinggi, yakni 7,51 dan masuk dalam kategori tinggi bersama dengan delapan provinsi lainnya karena berada di atas level 5,06.

Sementara provinsi yang memiliki IP-TIK terendah adalah Papua, yakni hanya sebesar 2,95 sehingga masuk kategori sangat rendah karena berada di bawal level 4,34. Geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan dan tersebar dari Sabang sampai Merauke serta rendahnya pendidikan masyarakat menjadi hambatan bagi pembangunan teknologi informasi dan komunikasi nasional. Guna meningkatkan layanan teknologi informasi dan komuniasi, pemerintah telah membangun jaringan internet Palapa Ring yang diperkirakan selesai hingga akhir 2019.

(Baca Databoks: Pembangunan Teknologi Informasi Indonesia Tertinggal di Tingkat ASEAN)

Data Populer
Lihat Semua