Shopee merupakan sarana berjualan online yang paling sering digunakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.
Hal ini terlihat dari laporan Peran Platform Digital terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia yang dirilis lembaga riset INDEF.
(Baca: Tren E-Commerce 2023, Kunjungan ke Shopee dan Blibli Meningkat)
Pada Desember 2023, INDEF melakukan survei kepada 254 sampel UMKM yang tersebar di Jabodetabek (30%), Pulau Jawa non-Jabodetabek (50%), dan luar Pulau Jawa (20%).
Sampel UMKM ini dipilih dengan metode non-probability sampling melalui purposive sampling technique.
Hasilnya, INDEF menemukan bahwa mayoritas atau 36,22% responden UMKM paling sering berjualan online menggunakan aplikasi Shopee.
Ada cukup banyak juga yang lebih sering menggunakan Facebook Marketplace (18,50%), aplikasi online food delivery (16,93%), dan Instagram Shop (14,96%).
Sementara responden yang sering menggunakan TikTok Shop, WhatsApp, Tokopedia, Lazada, dan aplikasi/sarana lain proporsinya lebih sedikit seperti terlihat pada grafik.
(Baca: 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023)