Menurut laporan Data Reportal, terdapat 55,2% pengguna internet global yang biasa belanja online setiap pekan pada kuartal II 2024. Proporsinya naik tipis 1,3% dari kuartal sebelumnya (quartal-to-quartal/qtq) yang sebesar 54,5%.
Ditinjau berdasarkan negaranya, proporsi pengguna internet yang sering belanja online ini paling banyak berada di Thailand, yakni 66,6%.
Sementara Indonesia menempati peringkat ke-14 global dengan proporsi pengguna internet yang belanja online setiap pekan sebanyak 56%.
Berikut daftar 15 negara dengan proporsi pengguna internet yang biaya belanja online setiap pekan pada kuartal II 2024:
- Thailand: 66,6%
- Korea Selatan: 64,3%
- China: 63,1%
- UEA: 62,7%
- Filipina: 59,7%
- Malaysia: 59,6%
- Inggris: 59,4%
- Vietnam: 59%
- Meksiko: 57,9%
- Turki: 57,9%
- Taiwan: 57,1%
- Amerika Serikat: 57%
- Brasil: 56,8%
- Indonesia: 56%
- Yunani: 55,7%
Data Reportal juga mencatat, secara global perempuan yang sering berbelanja online lebih banyak dibandingkan laki-laki.
Mayoritas perempuan yang biasa belanja online setiap pekan berasal dari kelompok usia 34-44 tahun (62,5%) dan 45-54 tahun (59,2%).
(Baca: Aplikasi E-Commerce yang Dipakai Konsumen Global 2024)