Survei Pinhome bersama YouGov menunjukkan, terdapat sejumlah motivasi generasi sandwich dalam membeli properti.
Generasi sandwich merupakan istilah untuk seseorang yang harus menanggung beban finansial dua generasi sekaligus, yaitu orang tua dan anak-anaknya.
Survei ini menunjukkan, mayoritas atau 49% responden generasi sandwich di Indonesia ingin membeli properti untuk kebutuhan keluarga.
"Generasi sandwich, meskipun menghadapi tantangan keuangan, tetap berusaha memiliki hunian dengan kebutuhan keluarga sebagai pendorong utama," tulis Pinhome dalam laporan Pinhome Exclusive Report Oktober 2024: Langkah Generasi Sandwich Menuju Kepemilikan Properti.
Berikutnya, 48% responden terdorong untuk membeli properti untuk stabilitas. Lalu alasan lokasi yang lebih baik dan untuk investasi masing-masing menjadi motivasi bagi 34% responden.
Ada pula motivasi lainnya seperti untuk peningkatan gaya hidup; didorong faktor komunitas atau sosial; memperluas ruang; kesempatan pasar; memperkecil ruang; dan lainnya dengan proporsi seperti pada grafik.
Sebagai catatan, survei ini menggunakan pertanyaan multiple answer, sehingga responden dapat memilih lebih dari satu jawaban.
Survei Pinhome bersama YouGov ini dilakukan secara online dengan melibatkan 400 responden berusia 18 tahun ke atas.
Respondennya mencakup 200 orang pemilih rumah yang baru membeli rumah dalam setahun terakhir dan 200 calon pembeli rumah dalam setahun mendatang.
(Baca: Hampir 85% Rumah Tangga RI Punya Tempat Tinggal Sendiri pada 2024)