Berdasarkan laporanTren Kuliner & Belanja Harian Online di Indonesia 2023 yang dirilis Grab, mayoritas atau 57% responden mengaku menemukan restoran atau toko makanan baru di aplikasi pengiriman makanan dan Instagram.
Selain itu, ada 45% responden yang mencari rekomendasi restoran dari teman ataupun keluarga.
Ada pula 31% responden yang mencari referensi tempat makan di Google. Disusul oleh 24% responden yang mencari ke YouTube dan 13% ke blog yang membahas tentang makanan.
Berkelindan dengan itu, Grab menemukan sebanyak 93% responden memesan makanan secara online berdasarkan ulasannya.
Lalu diikuti oleh responden yang memilih pesan makanan secara online karena metode pembayaran dan pemesannya dapat dilakukan secara digital. Keduanya mendapatkan proporsi masing-masing 84% dan 81%.
"Ketika memesan makanan, konsumen sangat bergantung pada ponsel mereka. Mulai dari menemukan restoran hingga memesan (online atau offline), bahkan untuk melakukan pembayaran," tulis tim riset Grab dalam laporannya.
Survei ini dilakukan secara online melalui aplikasi Grab pada Agustus 2023 dengan melibatkan 1.609 responden dari berbagai wilayah di Indonesia.
(Baca juga: Bukan Grab atau Gojek, Ini Aplikasi Pesan Makanan Paling Banyak Diunduh Sedunia)