Bukan Grab atau Gojek, Ini Aplikasi Pesan Makanan Paling Banyak Diunduh Sedunia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 31/08/2023 19:50 WIB
10 Aplikasi Pesan-Antar Makanan Daring Paling Banyak Diunduh secara Global (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan data perusahaan riset aplikasi Apptopia, aplikasi pesan antar-makanan daring (online food delivery) milik McDonald’s paling banyak diunduh secara global pada 2022.

Aplikasi perusahaan makanan cepat saji asal Amerika Serikat (AS) itu telah diunduh sebanyak 127 juta kali sepanjang tahun lalu.

Jumlah unduhan aplikasi McDonald’s secara global pada 2022 bahkan mencapai dua kali lipat dari unduhan aplikasi UberEats. Aplikasi pesan-antar makanan daring milik Uber ini telah diunduh sebanyak 60 juta kali.

Kemudian, DoorDash menempati urutan ketiga dengan jumlah unduhan 42 juta kali pada tahun lalu. Lalu, diikuti oleh Starbucks dengan jumlah unduhan 34 juta kali.

Grab juga termasuk ke dalam jajaran aplikasi pesan-antar makanan daring terpopuler global pada 2022. Meski bukan juara satu dunia, aplikasi pesaing Gojek ini menempati posisi teratas di wilayah Asia.

Selain Grab, ada pula sejumlah aplikasi pesan-antar makanan daring asal Asia lainnya yang banyak diunduh secara global, seperti Zomato (India), Ele.me (Tiongkok), dan Swiggy (India).

Berikut daftar 10 aplikasi pesan-antar makanan daring yang paling banyak diunduh secara global pada 2022:

  1. McDonald's: 127 juta kali unduhan
  2. Uber Eats: 60 juta kali unduhan
  3. DoorDash: 42 juta kali unduhan
  4. Starbucks: 34 juta kali unduhan
  5. Grab: 31 juta kali unduhan
  6. Zomato: 29 juta kali unduhan
  7. Too Good To Go: 27 juta kali unduhan
  8. Ele.me: 23 juta kali unduhan
  9. Foodpanda: 19,5 juta kali unduhan
  10. Swiggy: 18,6 juta kali unduhan

Apptopia menghitung jumlah unduhan aplikasi sepanjang 1 Januari-20 Desember 2022 di iOS maupun Android. Namun, khusus di Tiongkok, Apptopia hanya menghitung jumlah unduhan di iOS.

Perusahaan riset itu juga menetapkan hitungan unduhan berdasarkan pada unduhan setiap satu pengguna. Artinya, pengguna yang melakukan uninstall aplikasi kemudian mengunduhnya lagi, tak masuk dalam perhitungan.

(Baca: Online Food Delivery Milik Grab Juara di ASEAN, Gojek dan Shopee Kalah)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua