Indonesia Paling Banyak Ekspor Bahan Bakar Mineral ke Serbia

Perdagangan
1
Agus Dwi Darmawan 28/03/2024 14:47 WIB
Produk Utama yang Diekspor Indonesia ke Serbia pada 2022
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia membukukan ekspor dengan Serbia US$ 22.812 ribu data per Desember 2022. Nilai tersebut naik 105,22% dibandingkan ekspor tahun sebelumnya yang tercatat US$ 11.116 ribu.

Rekam jejak perdagangan Indonesia dengan Serbia, ekspor dalam 10 tahun terakhir dalam tren naik. Tahun 2022 merupakan catatan sejarah dengan rekor nilai ekspor tertinggi.

Dari total 97 produk (kode HS dua digit) yang diekspor ke Serbia, 39 produk bernilai lebih dari satu miliar dolar. Kebanyakan produk ekspor ke tempat ini, merupakan ekspor produk yang juga banyak diekspor ke negara lain yang jumlahnya tercatat ada 30 produk.

Berikut ini adalah daftar lima produk utama yang diekspor Indonesia ke Serbia. Urutan ini disusun mulai dari transaksi dengan nilai yang terbesar.

  1. Bahan bakar mineral, minyak mineral dan hasil penyulingannya
  2. Masuk dalam kode HS 27, Bahan bakar mineral, minyak mineral dan hasil penyulingannya merupakan kelompok produk barang ekspor yang dikategorikan bersama dengan zat bitumen dan mineral. . . Ekspor produk ini ke Serbia berada di urutan pertama. Indonesia mengekspor US$ 14.047 ribu. Pada tahun sebelumnya Indonesia tidak mencatat adanya ekspor ke negara ini.

  3. Olahan dari daging, ikan, krustasea, moluska atau invertebrata air lainnya, atau . . .
  4. Di urutan kedua, ekspor Indonesia paling banyak adalah produk Olahan dari daging, ikan, krustasea, moluska atau invertebrata air lainnya, atau . . . Nilai ekspor dari Serbia pada 2022 tercatat US$ 2.238 ribu. Angka ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 2.006 ribu.

  5. Barang pakaian dan aksesoris pakaian, rajutan atau kaitan
  6. Indonesia juga banyak mengekspor Barang pakaian dan aksesoris pakaian, rajutan atau kaitan ke Serbia. Nilai ekspor produk ini senilai US$ 1.520 ribu. Jumlah ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 1.295 ribu. Selain Serbia, Indonesia juga mengandalkan ekspor Barang pakaian dan aksesoris pakaian, rajutan atau kaitan ke Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Kanada dan Korea, Republik. Selain negara utama tersebut, Indonesia tercatat mengekspor produk ini ke 144 negara lainnya.

  7. Mesin dan peralatan listrik serta bagiannya
  8. Untuk produk Masuk dalam kode HS 85, Mesin dan peralatan listrik serta bagiannya merupakan kelompok produk barang ekspor yang dikategorikan bersama dengan dan perekam dan reproduksi suara, televisi. . . Indonesia mengekspor US$ 1.332 ribu. Data Trademap memperlihatkan aktivitas dagang Indonesia mengekspor Mesin dan peralatan listrik serta bagiannya ke 159 negara. Ekspor Mesin dan peralatan listrik serta bagiannya ke negara ini berada di urutan 89. Negara lain yang masuk lima besar tujuan ekspor adalah Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Korea, Republik dan Hong Kong, Tiongkok.

  9. Alas kaki, pelindung kaki dan sejenisnya
  10. Di urutan berikutnya, Indonesia juga mengekspor sebanyak US$ 1.227 ribu Alas kaki, pelindung kaki dan sejenisnya ke Serbia. Nilai ekspor produk ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 678 ribu. Tujuan ekspor Indonesia untuk memasarkan produk ini mencapai 121 negara. Ekspor Alas kaki, pelindung kaki dan sejenisnya ke Serbia tercatat berada di urutan 51. Negara lain yang masuk lima besar tujuan ekspor adalah Amerika Serikat, Belgium, Cina, Jerman dan Jepang.

Data Populer
Lihat Semua