Survei Polling Institute: Erick Thohir Jadi Cawapres yang Dinilai Paling Cocok Dampingi Prabowo

Politik
1
Nabilah Muhamad 13/09/2023 12:27 WIB
5 Tokoh yang Dinilai Paling Pantas Menjadi Bakal Capres Prabowo Subianto (Juli-Agustus 2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Nama Menteri BUMN Erick Thohir muncul sebagai kandidat wakil presiden dengan elektabilitas tertinggi yang dinilai paling cocok mendampingi Prabowo Subianto pada Pemilu 2024.

Hal tersebut terekam pada hasl survei Polling Institute bertajuk Peta Persaingan Capres-Cawapres dan Isu-isu Terkini edisi Agustus 2023. 

Dalam simulasi semi terbuka, survei ini menunjukkan bahwa Erick Thohir dinilai sebagai bakal cawapres yang paling cocok mendampingi Prabowo, dengan elektabilitas mencapai 28,8%. 

"Di antara lima nama dan kemungkinan nama lainnya, Erick Thohir paling banyak dipilih sebagai wakil untuk mendampingi Prabowo, alasannya paling banyak karena kerjanya dinilai bagus," tulis tim riset Polling Institute pada laporannya, Minggu (9/9/2023).

Kemudian posisi berikutnya diisi oleh Gibran Rakabuming yang mendulang 17,3% suara dari responden. Diikuti oleh Muhaimin Iskandar dengan 8,8%.

Sementara, nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawanda duduk di peringkat keempat dengan perolehan 8,5%. Terakhir, ada Airlangga Hartarto yang hanya mengantongi 4,2%. 

Pada sisi lain, masih banyak responden yang belum menentukan pilihannya terkait tokoh mana yang dinilai cocok mendampingi Prabowo. Ini terlihat pada 26,5% responden yang tidak menjawab atau tidak tahu.

Adapun survei ini melibatkan 1.201 responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Sampel diambil menggunakan teknik pembangkitan nomor telepon secara acak atau random digit dialog (RDD).

Koleksi data dilakukan pada 21-25 Agustus 2023 menggunakan metode wawancara melalui telepon. Survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: Survei Polling Institute: RK Jadi Cawapres yang Dinilai Paling Cocok Dampingi Ganjar)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua