Survei Polling Institute: RK Jadi Cawapres yang Dinilai Paling Cocok Dampingi Ganjar

Politik
1
Cindy Mutia Annur 12/09/2023 10:31 WIB
3 Tokoh yang Dinilai Paling Pantas Menjadi Bakal Cawapres Ganjar Pranowo (Juli-Agustus 2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Survei Polling Institute memaparkan tiga tokoh bakal calon wakil presiden (cawapres) yang dinilai paling cocok mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024.

Dalam simulasi terbuka, survei itu menujukkan bahwa eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) merupakan bakal cawapres yang dianggap paling cocok mendampingi Ganjar. RK berada di posisi teratas dengan elektabilitas 31,7%

Adapun tokoh berikutnya yang dinilai paling cocok mendampingi Ganjar, yaitu politikus PPP Sandiaga Salahuddin Uno dengan elektabilitas 27,1%, dan eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa 9,2%. Di sisi lain, ada 4,1% responden yang mengatakan nama lainnya, sedangkan responden yang tidak tahu/tidak menjawab pertanyaan survei sebanyak 27,8%.

“Di antara tiga nama dan kemungkinan nama lainnya, Ridwan Kamil paling banyak dipilih sebagai wakil untuk mendampingi Ganjar, alasannya paling banyak karena kerjanya dinilai bagus,” demikian dilansir dari laporan survei  Polling Institute, Minggu (10/9/2023).

Survei tersebut juga menunjukkan, Menteri BUMN Erick Thohir menempati posisi teratas tokoh yang dinilai paling cocok sebagai bakal cawapres Prabowo. Ia memiliki elektabilitas sebesar 28,8%.

Posisinya disusul Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka 17,3%, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (8,8%), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (8,5%), dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto (4,2%).

Sementara, bakal cawapres yang dinilai paling cocok mendampingi Anies Baswedan, yaitu Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 32,4%. Lalu, diikuti Khofifah Indar Parawansa (17,1%), dan putri presiden RI keempat Yenny Wahid (13,8%).

Meski demikian, Anies telah menggandeng Muhaimin Iskandar sebagai bakal cawapresnya dalam Pemilu 2024. Deklarasi pasangan Anies-Muhaimin dilakukan pada Sabtu (2/9/2023) lalu.

Survei tersebut dilakukan pada 21-25 Agustus 2023. Survei dilakukan dengan metode wawancara telepon terhadap 1.201 responden di seluruh Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Sampling dilakukan melalui pembangkitan nomor telepon acak alias random digit dialing (RDD). Adapun tingkat kesalahan (margin of error) survei tercatat sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Sebelumnya, hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan ada 11 tokoh bakal cawapres yang paling banyak dipilih masyarakat untuk mendampingi Ganjar. Hasilnya, Erick Thohir menjadi bakal cawapres terkuat Ganjar dengan elektabilitas sebesar 17% alias, paling tinggi ketimbang 10 tokoh lainnya.

(Baca: Siapa Cawapres Terkuat Ganjar? Berikut Hasil Surveinya)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua