Siapa Cawapres Terkuat Ganjar? Berikut Hasil Surveinya

Politik
1
Cindy Mutia Annur 31/08/2023 14:00 WIB
Bakal Calon Wakil Presiden yang Paling Pantas Mendampingi Ganjar Pranowo (Agustus 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga Survei Indonesia (LSI) memaparkan 11 nama bakal calon wakil presiden (cawapres) yang paling banyak dipilih masyarakat untuk mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024.

Hasilnya, Erick Thohir menjadi bakal cawapres terkuat Ganjar. Menteri BUMN tersebut memiliki elektabilitas sebesar 17% alias, paling tinggi ketimbang 10 tokoh lainnya.

“Untuk Ganjar Pranowo, menurut masyarakat yang paling cocok (mendampingi) adalah kalau tidak Erick Thohir, Sandi, atau Ridwan Kamil, baru kemudian nama lain," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam konferensi pers online, Rabu (30/8/2023).

Tercatat, elektabilitas Sandiaga Salahuddin Uno yang berada di posisi kedua hanya selisih 3,4% dari Erick Thohir. Kemudian elektabilitas Ridwan Kamil sebesar 13,4%, hanya lebih rendah 0,2% dari Sandi.

Sejumlah tokoh lain yang dianggap pantas mendampingi Ganjar adalah Agus Harimurti Yudhoyono (8,8%), Mahfud MD (6,7%), Khofifah Indar Parawansa (6,1%), dan Airlangga Hartarto (2,9%).

Di sisi lain, Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, memiliki perolehan suara terendah sebagai bakal cawapres Ganjar. Elektabilitas tokoh Nahdlatul Ulama (NU) ini tercatat hanya 0,4%.

Adapun Erick Thohir tak hanya unggul sebagai bakal cawapres Ganjar. Survei LSI juga menemukan bahwa Ketua PSSI itu menempati posisi teratas sebagai pendamping Prabowo.

Survei LSI dilakukan pada 3-9 Agustus 2023 melalui wawancara tatap muka, dengan melibatkan 1.220 orang responden dari seluruh Indonesia. Seluruh responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Tingkat kesalahan (margin of error) survei sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Survei LSI: Elektabilitas Gibran Masuk 10 Besar Bursa Cawapres)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua