tSurvey.id: Mayoritas Fans Korea Mau Beli Produk yang Dipromosikan Idola

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 10/03/2023 10:50 WIB
Hal yang Dilakukan Penggemar Korea di Indonesia untuk Membeli Produk yang Dipromosikan Idola (Oktober 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Drama Korea atau video musik K-pop kerap dijadikan sebagai patokan tren oleh para penggemarnya. Tak heran, artis di industri tersebut kemudian banyak digaet perusahaan untuk menjadi brand ambassador dan mempromosikan beragam produk, mulai dari fashion sampai perangkat digital.

Adapun menurut survei digital Telkomsel, tSurvey.id, 74% penggemar atau fans Korea di Indonesia mau membeli produk yang dipromosikan idolanya.

Agar bisa membeli produk tersebut, para penggemar rela untuk menabung terlebih dahulu (57%), menggunakan alokasi budget lain (10%), menggunakan paylater (6%), atau meminjam uang dari salah satu anggota keluarga (1%).

Namun, ada pula 26% responden fans Korea di Indonesia yang enggan membeli produk yang dipromosikan oleh idolanya.

Temuan survei ini mengindikasikan, secara umum kesukaan terhadap konten hiburan Korea mampu mempengaruhi keinginan konsumen Indonesia untuk berbelanja. Survei ini juga menemukan 76% responden yang menyukai konten Korea turut mengidolakan selebriti Korea tertentu.

Survei ini dilakukan terhadap 600 responden yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Seluruh responden berusia di atas 18 tahun dengan kombinasi lintas generasi (gen Z, milenial, dan gen X). Adapun tingkat socio-economic status (SES) responden tersebar merata pada SES I-II. Laporan survei lengkapnya dapat dilihat di tautan ini.

(Baca: Intip Cuan Agensi K-Pop SM Entertainment yang Fluktuatif pada 2022)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua