Agensi K-Pop ternama Korea Selatan, SM Entertainment mengalami fluktuasi pendapatan hingga laba bersih sepanjang kuartal I-III 2022 (Januari-September 2022).
Dilihat dari pendapatannya, SM Entertainment mampu menorehkan KRW114,9 miliar atau setara Rp1,3 triliun (1 KRW=Rp11,56 per 28 Februari 2023) pada kuartal I (Q1) 2022.
Pada Q2, pendapatannya justru turun menjadi KRW111,1 miliar. Namun pada Q3, naik menjadi KRW135,1 miliar.
Sama halnya dengan pendapatan, laba operasionalnya pun sempat mengalami kontraksi.
Pada Q1 tercatat sebesar KRW24,7 miliar. Pada Q2 menurun dengan capaian KRW23,8 miliar. Selanjutnya meningkat sebesar KRW27,1 miliar pada Q3.
Adapun laba bersih yang dicatat sebesar KRW20,8 miliar pada Q1 2022. Selanjutnya menurun hingga KRW17,9 miliar. Namun SM Entertainment memacu lagi laba bersihnya hingga KRW22,1 miliar pada Q3.
Agensi yang didirikan pada 1995 ini memiliki unit bisnis produksi musik dan label rekaman; produksi film, televisi untuk drama, variety show, drama musikal; konser; manajemen grup vokal, penyanyi, aktor, hingga atlet.
Unit bisnis itu masih dikembangkan lagi ke sektor lainnya. Mereka bahkan punya kantor perwakilan di beberapa negara, salah satunya Indonesia.
Adapun nama-nama yang bergabung di SM Entertainment adalah Super Junior, Girls Generation, BoA, SHINEe, EXO, Red Velvet, Kim Dong Wook, Yoona, Hwang Shin Hye, atlet Kim Sun Woo, Lee Ho Joon, dan masih banyak lagi.
Berikut pendapatan, laba operasional, hingga laba bersih SM Entertainment pada Q1-Q3 2022:
- Q1 2022 (Januari-Maret 2022)
Pendapatan: 114,9 miliar won (KRW)
Laba operasional: 24,7 miliar
Laba bersih: 20,8 miliar
- Q2 2022 (April-Juni 2022)
Pendapatan: 111,1 miliar
Laba operasional: 23,8 miliar
Laba bersih: 17,9 miliar
- Q3 2022 (Juli-September 2022)
Pendapatan: 135,1 miliar
Laba operasional: 27,1 miliar
Laba bersih: 22,1 miliar
(Baca juga: 5 Agensi Kpop Terkaya 2021, Nomor 1 Menaungi BTS)