Lewat Pengembangan EBT, Kementerian ESDM Targetkan Penurunan Emisi GRK 231 Juta Ton pada 2025

Energi
1
Annissa Mutia 07/10/2022 16:40 WIB
Target Kementerian ESDM Tentang Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (Per 7 Oktober 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 231,2 Juta ton CO2 pada 2025 guna mencapai Net Zero Emission (NZE)  tahun 2060. Salah satunya melalui pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

"Energi terbarukan merupakan salah satu alternatif kita untuk menurunkan emisi GRK tersebut. Kita juga punya peta jalan untuk dekarbonisasi dalam rangka menuju NZE di 2060 atau lebih cepat," kata Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM Andriah Feby Misna dalam diskusi daring Indonesia Sustainable Energy Week, di Jakarta, Kamis, seperti dikutip Antara.

Feby mengatakan target penurunan emisi yang terdekat pada 2025 akan dilakukan melalui beberapa langkah, di antaranya dari sisi pasokan dilakukan melalui pemanfaatan PLTS atap, percepatan waste to energy, pengembangan PLTBm skala kecil, dan penambahan PLTA.

Sedangkan sisi permintaan, pemerintah mendorong penggunaan kompor induksi sebanyak 1,8 juta rumah tangga, dymethyl ether untuk menggantikan LPG rumah tangga, penerapan 300 ribu mobil listrik dan 1,3 juta motor listrik, jaringan gas untuk 5,2 juta sambungan rumah, serta mandatori biodiesel 30 persen pada 2025.

Target penurunan emisi GRK pada 2060, menurut dia, mencapai 1.798 Juta ton CO2.

"Sejalan dengan itu, kita terus mendorong peralihan ke kendaraan listrik, pengembangan biofuel, juga teknologi baru seperti green hydrogen atau nuklir," ujarnya.

Lebih lanjut Feby menyampaikan pemerintah juga meningkatkan target pengurangan emisi karbon dalam enhanced Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia, dari 29 persen dengan usaha sendiri, menjadi 31,89 persen pada 2030.

Ia mengungkapkan perubahan target dari 29 persen menjadi 31,89 persen pada 2030 pasti akan berdampak kepada peta jalan transisi energi yang tengah disiapkan.

"Terus terang energy transition roadmap ini juga kita masih terus gerak dinamis, untuk melakukan pemodelannya memang ini akan terjadi pergeseran lagi," katanya.

(baca: Emisi Gas Rumah Kaca Indonesia, dari Era SBY sampai Jokowi)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua