Persyaratan Berbelit, Keluhan Utama Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik

Politik
1
Cindy Mutia Annur 20/12/2021 16:50 WIB
Ragam Masalah Utama pada Pelayanan Publik
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sejumlah masyarakat keluhkan ragam masalah yang terjadi pada pelayanan publik. Menurut Survei Populi Center, masalah utama layanan publik yang paling banyak dikeluhkan adalah persyaratan berbelit. Itu dikeluhkan 11,4% masyarakat.

Kemudian, sebanyak 11,3% responden mengatakan waktu pelayanan yang lambat menjadi masalah terbesar lainnya dalam pelayanan publik. Lalu, ada 9,7% responden yang menilai bahwa pelayanan publik kurang transparan.

Keluhan masyarakat lainnya terhadap layanan publik di dalam negeri, yaitu, birokrasi yang berbelit 9,3%, sarana dan prasarana yang tidak memadai 8,6%, biaya mahal 8,4%, pelayanan tidak sesuai   6,2%, pungutan liar 4,8%, ketidakjelasan prosedur 3,8%, tidak responsif terhadap pengaduan (3,6%), kualitas/kompetensi SDM rendah (3%), dan perilaku pelayanan kurang ramah (2,7%).

Selain itu, sebanyak 5,1% responden mengatakan masalah lainnya dan 12,3% responden tidak tahu/ tidak menjawab.

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah di 34 provinsi. Survei ini dilakukan pada 1-9 Desember 2021 dengan metode pengambilan sample secara acak (simple random sampling) dengan tingkat margin of error sebesar ± 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Gratifikasi di Pelayanan Publik Paling Banyak Berupa Uang)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua