Pesanan transportasi online di kawasan Asia Tengara mencapai 8 juta kali/hari

Transportasi & Logistik
07/12/2018 18:03 WIB
Pesanan dan Pengguna Aktif Transportasi Online Asia Tenggara
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pesanan transportasi online di kawasan Asia Tengara diperkirakan mencapai 8 juta kali setiap harinya pada 2018, meningkat dari 1,5 juta kali/hari pada 2015. Demikian pengguna aktif transportasi berbasis internet ini meningkat lebih dari 4 kali menjadi 35 juta pengguna pada tahun ini dari sebelumnya hanya 8 juta. Layanan transportasi berbasis aplikasi ini telah tersedia lebih dari 500 kota di ASEAN seiring ketatnya persaingan antara Go-jek dan Grab.

Transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) transportasi online di Asia tenggara mencapai US$ 7,2 miliar, nilai tersebut terdiri atas US$ 5,7 miliar layanan antar makanan dan US$ miliar layanan transportasi online. GMV transportasi online tersebut diperkirakan melonjak menjadi US$ 28 miliar pada 2025.

GMV transportasi online di Indonesia mencapai US$ 3,7 miliar pada 2018 dan akan melonjak menjadi US$ 14 miliar pada 2025. Nilai pasar transportasi di tanah air merupakan yang terbesar dibanding negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Jumlah penduduk yang besar serta pertumbuhan pengguna internet menjadikan Indonesia sebagai pangsa pasar ekonomi internet.

 

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.