BI Kembali Pertahankan Suku Bunga Acuan di level 4,75%

Moneter
21/07/2017 07:12 WIB
Suku bunga Acuan BI 7-Day Repo Rate April 2016-Mei 2017
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia 19-20 Juli 2017 kembali mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Day (Reserve) Repo Rate di level 4,75 persen. Ini merupakan yang ke sembilan kalinya sejak Oktober 2016. Bank Indonesia (BI) juga mempertahankan suku bunga Deposit Facility di level 4 persen serta suku bunga Lending Facility sebesar 5,5 persen yang berlaku efektif sejak 21 juli 2017.

Direktur Departemen Komunikasi BI Arbonas Hutabarat mengatakan keputusan tersebut konsisten dengan upaya BI menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan dengan mempertimbangkan perekonomian global maupun domestik. “Proses pemulihan ekonomi domestik masih berlanjut namun tidak sekuat perkiraan semula akibat perlambatan konsumsi,” tuturnya.

Bank sentral tetap mewaspadai sejumlah risiko, terutama dari normalisasi neraca bank sentral Amerika Serikat (The Fed) maupun konsolidasi korporasi dan perbankan yang masih berlanjut. BI akan terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta tetap mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut.

Data Populer
Lihat Semua