Kehadiran influencer kecantikan di jagat media sosial turut memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk atau layanan kecantikan.
Ini sesuai dengan hasil survei tahunan yang dilakukan klinik kecantikan ZAP bertajuk ZAP Beauty Index 2023, ditemukan bahwa responden perempuan di Indonesia lebih tertarik dengan pengaruh influencer lokal dalam memilih produk kecantikan.
Sebanyak 78% responden perempuan justru lebih tertarik pada influencer lokal seperti selebgram, YouTuber, TikToker, hingga selebriti Twitter lokal ketimbang artis Korea.
Selain itu, sebanyak 23,7% responden juga perempuan memilih artis lokal seperti pemain film dan musisi sebagai tipe influencer yang memengaruhi mereka dalam membeli produk dan layanan kecantikan.
Sementara artis Korea seperti musisi, girlband, dan boyband tidak berpengaruh secara signifikan dalam keputusan konsumen dalam memilih produk dan layanan kecantikan.
Hanya 16,3% responden perempuan yang terpengaruh oleh artis Korea, dan 4,9% lainnya terpengaruh oleh artis Hollywood.
Pengaruh dari ahli kecantikan seperti dokter, justru mendapatkan persentase yang rendah yaitu hanya 0,7%.
Survei ini melibatkan sekira 9.010 responden perempuan yang tersebar di seluruh Indonesia dengan kriteria rentang usia responden 12-66 tahun.
Koleksi data dilakukan dari Oktober-November 2022 menggunakan metode survei online.
(Baca juga: Deretan Produk Kecantikan Berkelanjutan Terbaik Selebriti Hollywood, Siapa Juaranya?)