Media sosial bisa menjadi sarana untuk menjalin pertemanan, berbagi informasi, sampai promosi bisnis. Namun, konten yang paling banyak diakses masyarakat Indonesia adalah seputar hiburan.
Fenomena ini terekam dalam laporan hasil survei Populix yang bertajuk Omnichannel Digital Consumtion Report 2023.
Menurut laporan tersebut, sebanyak 76% responden paling sering mengakses konten hiburan di media sosial, baik itu berupa foto maupun video.
Kemudian ada 67% responden yang sering mengakses konten review produk, dan 63% mencari inspirasi kuliner. Ada pula 62% yang sering mengakses konten seputar berita viral melalui media sosial.
Sementara, konten dengan proporsi pemirsa paling sedikit adalah informasi konser, yakni 21% responden.
Survei ini melibatkan 1.772 responden yang tersebar di berbagai provinsi Indonesia, didominasi oleh penduduk Jakarta dan sekitarnya. Rentang usia responden didominasi oleh usia 17-25 tahun (40%) dan rentang usia 26-35 tahun (39%).
(Baca juga: APJII: Masyarakat Indonesia Gemar Mengakses Konten Kesehatan)