APJII: Masyarakat Indonesia Gemar Mengakses Konten Kesehatan

Media
1
Nabilah Muhamad 14/06/2023 16:03 WIB
Konten di Internet yang Paling Sering Dikunjungi Masyarakat Indonesia (2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis laporan bertajuk Survei Penetrasi & Perilaku Internet 2023. Salah satu topik riset yang diangkat terkait preferensi masyarakat dalam memilih konten.

Hasilnya, konten seputar kesehatan jadi topik yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat, yakni sebesar 36,96% dari total responden.

Lalu konten olahraga jadi peringkat kedua konten yang paling sering dikunjungi, dengan persentase 34,34%.

Adapun konten infotainment atau hiburan termasuk gosip yang paling sering dikunjungi oleh 32,32% responden.

"Orang-orang Indonesia, kok, sekarang lebih waspada kesehatan, lebih waspada olahraga tapi tidak meninggalkan gosip. Jadi ini yang menarik tiga konten yang paling sering diakses oleh masyarakat Indonesia," ucap Sekretaris Jendral Umum APJII Zulfady Syam dikutip dari Antaranews pada Senin, (15/5/2023).

Sementara di urutan keempat konten yang banyak dikunjungi oleh masyarakat adalah ekonomi, keuangan, dan bisnis dengan persentase 28,98%. Kemudian politik, sosial, hukum dan HAM menyusul dengan perolehan 24,73%.

Jika dilihat berdasarkan gendernya, responden laki-laki lebih sering mengunjungi konten seputar politik, sosial, hukum, dan HAM, yakni sebanyak 33,94%.

Sementara preferensi konten yang paling banyak dikunjungi oleh responden perempuan adalah konten gosip dengan persentase sebanyak 49,48%.

APJII melakukan survei terhadap 8.510 responden yang tersebar di berbagai penjuru provinsi Indonesia menggunakan teknik multi-stage random sampling.

Koleksi data dilakukan pada 10-27 Januari 2023 menggunakan metode pengumpulan data wawancara. Adapun margin of error sekitar 1,14% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Selain itu, survei ini menggunakan pertanyaan multiple answer, sehingga responden dapat menjawab lebih dari satu jawaban mengenai preferensi kontennya dan maksimal menjawab tiga konten yang paling sering dikunjunginya.

(Baca juga: Jumlah Pengguna Twitter di Indonesia Capai 14,75 Juta per April 2023, Peringkat Keenam Dunia)

Data Populer
Lihat Semua