Penyajian yang instan dan produknya mudah ditemui di berbagai pusat perbelanjaan, membuat makanan beku atau frozen food kerap dinikmati warga Indonesia.
Produk frozen food pun beragam. Namun, ada beberapa merek yang kerap dikonsumsi warga.
Berdasarkan riset yang dikeluarkan Kurious dari Katadata Insight Center (KIC), urutan pertama adalah merek So Good dengan persentase 65,1% dari total responden.
Kedua, ada Fiesta yang dipilih 56,7% responden. Ketiga, ada Champ dengan perolehan 50%. Ketiga merek ini yang paling sering dikonsumsi dalam setahun terakhir, 2022-2023.
Di bawah itu, ada Kanzler dan Belfoods dengan proporsi yang sama, 37,2%. Setelahnya disusul Kimbo, 26,9%.
Survei ini dilakukan terhadap 321 dari 667 responden. Data dikoleksi pada 26 Desember 2022-2 Januari 2023 menggunakan metode CAWI atau wawancara daring.
Margin error sebesar 3,7% dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%.
Berikut persentase frozen food yang dikonsumsi responden selama 2022-2023:
- So Good 65,1% dari total responden
- Fiesta 56,7%
- Champ 50%
- Kanzler 37,2%
- Belfoods 37,2%
- Kimbo 26,9%
- Cedea 17,3%
- SunnyGold 5,8%
- Mujigae 4,8%
- Ayoma 3,5%
- Sakana 3,2%
- Miyaku 2,2%
(Baca juga: 10 Makanan Junk Food Paling Digemari Masyarakat Indonesia)