10 Makanan Junk Food Paling Digemari Masyarakat Indonesia

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 28/03/2022 18:00 WIB
Ragam Jenis Makanan Minim Gizi Paling Digemari Masyarakat Indonesia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Makanan minim gizi alias junk food mungkin sudah familiar di lidah masyarakat Indonesia. Selain mudah didapatkan, makanan junk food di Tanah Air juga menggugah selera.

Meskipun junk food membahayakan kesehatan, masyarakat Indonesia cenderung menyukai makanan ini. Tak heran, banyak masyarakat yang menjadikan junk food sebagai santapan di berbagai kesempatan, mulai dari sarapan, kudapan, hingga makan malam.

Salah satu junk food yang paling digemari masyarakat Indonesia adalah gorengan. Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, mayoritas atau sebanyak 45,7% masyarakat Indonesia menyukai gorengan. Selain gorengan, masyarakat Indonesia juga menyukai mi instan dengan persentase sebesar 43,1%.

Kemudian, sebanyak 21,7% masyarakat Indonesia menyukai junk food berupa roti, burger, dan pizza. Lalu, sebanyak 19,6% responden mengatakan menyukai makanan beku.

Ada pula responden yang menyukai makanan yang dipanggang dan keripik dengan persentase masing-masing 8%. Diikuti oleh responden yang menyukai makanan junk food berupa makanan kaleng (3,6%), jeroan (1%), dan asinan atau manisan (0,5%). Sementara, 3,4% responden mengatakan tidak mengetahui makanan junk food yang disukai.

Survei ini dilakukan terhadap 1.002 responden berusia minimal 17 tahun dari 34 provinsi. Survei yang dilakukan pada 7-12 Maret 2022 ini menggunakan metode penarikan sampel acak sederhana dengan margin of error ± 3,10% dan tingkat kepercayaan 95%.  

(Baca: Gorengan, Takjil Favorit saat Memasak Sendiri)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua