Kalangan digital savvy di Indonesia, yakni masyarakat yang hidup dan beradaptasi dengan dunia digital, telah menyiapkan sejumlah rencana untuk menghabiskan libur Hari Raya Idul Fitri 2024.
Berdasarkan survei Bank Digital Jenius, mayoritas atau 27% responden digital savvy akan menghabiskan libur Lebaran tahun ini dengan berwisata di dalam atau luar negeri.
Lalu 24% responden akan mengunjungi keluarga yang juga merayakan Lebaran, dan 18% responden memilih untuk beristirahat di rumah.
Ada pula 18% yang berencana pergi ke mal, 6% berniat movie marathon atau menonton film, dan 2% responden berencana staycation.
Pemerintah telah menetapkan hari Lebaran pada tanggal 10-11 April 2024 sebagai libur nasional. Kemudian tanggal 8, 9, 12, dan 15 April 2024 sebagai cuti bersama.
Survei ini digelar pada 28 Februari-18 Maret 2024 dengan melibatkan 233 responden berusia 17-40 tahun yang tersebar di Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Medan, Palembang, Makassar, Manado, hingga Aceh.
(Baca: Ini Ragam Media yang Kerap Digunakan Warga RI saat Ramadan)