Menurut hasil survei Populix, 3 dari 4 responden muslim Indonesia sering mengakses media selama Ramadan.
Tercatat, mayoritas atau 87% responden mengatakan paling sering menggunakan media sosial selama bulan Ramadan. Kemudian, ada 70% responden yang mengaku sering menggunakan layanan video streaming seperti YouTube.
Selanjutnya, sebanyak 49% responden mengatakan sering menonton televisi selama Ramadan. Lalu, diikuti 46% responden yang mengaku suka menggunakan layanan video on demand (VoD) seperti Netflix selama Ramadan.
Ada pula sebanyak 37% responden yang mengatakan sering menggunakan layanan podcast, diikuti mengakses situs berita online (34%) dan aplikasi berita (27%).
Sementara, yang mengakses media konvensional surat kabar selama Ramadan memiliki proporsi paling sedikit, yaitu hanya 9% responden.
Survei ini dilakukan secara online pada 22-25 Februari 2024 yang melibatkan 1.029 responden muslim. Mayoritas responden berada di Pulau Jawa (82%), diikuti Pulau Sumatera (12%), dan pulau-pulau lainnya (6%).
Responden didominasi oleh kelompok muda yaitu berusia 17-25 tahun (40%), dan usia 26-30 tahun (22%) dengan status perkawinan lajang (51%) dan menikah dengan anak (40%). Berdasarkan pekerjaannnya, responden paling banyak berasal dari kalangan pekerja (59%), diikuti oleh pelajar (14%) dan pengusaha (14%).
(Baca: Kapan Warga Muslim Indonesia Mengakses Media Selama Ramadan?)