Menurut data Semrush, selama kuartal IV atau Oktober-Desember 2024 tren kunjungan ke situs Shopee, Lazada, dan Blibli meningkat.
Sedangkan tren kunjungan ke Tokopedia dan Bukalapak menurun.
(Baca: Ini E-Commerce yang Paling Menguntungkan Penjual Lokal)
Pada Desember 2024 situs web Shopee Indonesia (Shopee.co.id) meraih 145,1 juta kunjungan. Angka ini bertambah 16,5 juta kunjungan atau naik 12,8% dibanding Oktober 2024.
Pada periode sama situs Lazada (Lazada.co.id) meraih peningkatan 6,2 juta kunjungan atau tumbuh 16,3%.
Kemudian situs Blibli (Blibli.com) meraih peningkatan 1,2 juta kunjungan atau tumbuh 5,3%.
Sedangkan situs Tokopedia (Tokopedia.com) mengalami penurunan 6,3 juta kunjungan atau menyusut 8,6%.
Lalu Bukalapak (Bukalapak.com) mengalami penurunan 800 ribu kunjungan atau menyusut 22,9%, dengan rincian jumlah kunjungan bulanan seperti terilhat pada grafik.
(Baca: E-Commerce, Penopang Utama Ekonomi Digital Indonesia)