Shopee merupakan aplikasi e-commerce yang paling banyak menguntungkan penjual di Indonesia.
Hal ini tercatat dalam laporan perusahaan riset pasar Snapcart yang bertajuk Marketplace Pilihan UMKM: Pengalaman Berjualan Terbaik.
(Baca: Jumlah Pengunjung Situs E-Commerce Indonesia Oktober 2024)
Pada kuartal IV 2024 Snapcart menyurvei 250 responden pelaku usaha di Indonesia terkait pengalaman mereka berjualan di e-commerce.
Hasilnya, sebanyak 71% responden memilih Shopee sebagai aplikasi yang paling banyak memberi keuntungan untuk penjual.
Kemudian Tokopedia dipilih oleh 12% responden, TikTok Shop 11%, Lazada 3%, dan aplikasi e-commerce lainnya 2%.
"Melalui data ini, terlihat bahwa Shopee menjadi e-commerce yang dipilih oleh pelaku usaha untuk berjualan, khususnya dengan keunggulan seperti penawaran berbagai layanan dan program yang dapat memenuhi kebutuhan mereka," kata Senior Research Manager Snapcart, Helena Suri, dalam laporannya.
Ada beragam faktor yang menjadi dasar penilaian responden dalam survei ini, di antaranya luas jaringan usaha, kemudahan membuka toko, program promosi, serta pilihan metode pembayaran yang disediakan aplikasi untuk mendukung penjual.
(Baca: Hal yang Menarik Minat Konsumen untuk Belanja Online)