Tren kunjungan ke situs e-commerce di Indonesia sempat turun pada Januari-Februari 2023. Namun, pada Maret 2023 trennya naik lagi, bersamaan dengan datangnya bulan Ramadan 1444 Hijriah.
Fenomena itu terjadi pada sejumlah e-commerce dengan pengunjung terbesar di Indonesia, yakni Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli.
(Baca: Awal 2023, Pengunjung E-Commerce Indonesia Menurun)
Menurut data SimilarWeb, sepanjang Maret 2023 situs Shopee mendapat 159 juta kunjungan, naik sekitar 10% dibanding bulan sebelumnya (month-on-month/mom).
Jumlah pengunjung situs Tokopedia juga naik sekitar 6% (mom), pengunjung situs Lazada meningkat 13% (mom), dan pengunjung situs Blibli tumbuh 5% (mom).
Namun, tren berbeda terjadi pada Bukalapak. Pada Maret 2023 situs Bukalapak meraih 17,1 juta kunjungan, masih sama dengan bulan sebelumnya seperti terlihat pada grafik.
Adapun menurut Bank Indonesia (BI), sepanjang 2022 nilai transaksi e-commerce nasional hanya mencapai Rp476,3 triliun, lebih rendah dari target BI yang besarnya Rp489 triliun.
Deputi Gubernur BI Doni P. Joewono memperkirakan, nilai transaksi itu tidak mencapai target karena adanya pelonggaran pembatasan aktivitas terkait Covid-19, yang mendorong masyarakat kembali berbelanja di toko konvensional.
"PPKM itu kan membuat e-commerce blessing, ya. Kemungkinannya ada peningkatan transaksi offline, menyebabkan e-commerce turun," kata Doni, dilansir Investor.id, Kamis (19/1/2023).
(Baca: 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal IV 2022)