Survei Populix menemukan 54% konsumen kosmetik lebih memilih merek lokal. Hanya 11% konsumen yang memilih brand internasional.
Tiga merek kosmetik milik Paragon menjadi favorit konsumen. Wardah dipakai oleh 48% responden. Lalu, Emina dipakai oleh 40% dan Make Over oleh 22% responden.
Selanjutnya, Somethinc dipakai oleh 19% responden dan Purbasari dipilih oleh 14% responden.
Populix menemukan 66% pembelian kosmetik dilakukan lewat e-commerce. Shopee menjadi lokapasar terpopuler untuk pembelian kosmetik (92% penggunaan).
Survei Populix melibatkan 500 perempuan yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. 49% responden berpendidikan SMA, 41% berpendidikan S-1 ke atas, dan 8% berpendidikan D-3.
(Baca: 10 Perusahaan Kosmetik Berpendapatan Terbesar di Dunia)