Bisnis Uniqlo, merek pakaian kasual asal Jepang, terus berekspansi secara global termasuk di Indonesia.
Menurut laporan perusahaan induknya, yaitu Fast Retailing, pada tahun fiskal 2020 baru ada 32 unit toko Uniqlo di Indonesia.
Setelah itu jumlahnya terus bertambah hingga menjadi 72 unit pada tahun fiskal 2024.
(Baca: Toko Uniqlo di Luar Jepang Terus Bertambah 2020-2024)
Secara kumulatif, selama periode 2020-2024 jumlah toko Uniqlo di Indonesia sudah tumbuh 125% atau meningkat sekitar 2 kali lipat.
Adapun menurut manajemen Uniqlo, keberadaan toko merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis mereka.
"Pandemi Covid-19 mengajarkan kita bahwa e-commerce bukanlah segalanya. Orang-orang sebenarnya ingin pergi ke toko-toko yang menyenangkan. Ini adalah salah satu rahasia kesuksesan kami," kata manajemen Uniqlo di situs webnya.
"Kami menerima banyak permintaan untuk membuka toko di pusat perbelanjaan dan lokasi-lokasi tertentu. Dalam situasi ini, kami menargetkan toko-toko yang dikelola secara lokal, dan bukan toko yang biasa-biasa saja," kata mereka.
(Baca: Penjualan Uniqlo Meningkat 2020-2024, Terutama di Luar Jepang)